Cara Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah

Posted by HARTINI NASA Thursday 21 September 2017 0 comments
BUDIDAYA DURIAN DENGAN PUPUK NASA
DISTRIBUTOR NASA N-388431
SUHARTINI (HARTINI NASA)

PENDAHULUAN 
       Saat ini, permintaan dan harga durian sangat tinggi karena memberikan keuntungan menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan. Sehingga bertanam durian merupakan sebuah prospek  usaha agribisnis yang bagus. Cara bertanam durian yang baik merupakan pintu gerbang untuk menuju sukses.
       PT. Natural Nusantara  membantu alternatif solusi bagaimana teknis budidaya durian secara intensif, sehingga terjadi peningkatan hasil secara K-3, yaitu kuantitas, kualitas dan kelestarian lingkungan .


SYARAT PERTUMBUHAN 
       Tanaman durian tumbuh optimal pada ketinggian 50-600 m dpl, intensitas cahaya 40-50%, dengan suhu  22-300C, curah hujan ideal 1.500-2500 mm per tahun. Tanah yang cocok,lempung berpasir subur dan banyak kandungan bahan organik, dan ph 6-7.

PEMBIBITAN
       Pilih bibit tanaman yang subur, segar, sehat daun banyak,batang kokoh,bebas hama dan penyakit, percabangan 2-4 arah dan ada tunas baru.

PERSIAPAN LAHAN 
      Pembukaan lahan sebaiknya pada musim kemarau. bersihka alang-alang dan gulma lain serta tanaman keras yang mrngganggu masuknya sinar matahari. Lahan miring sebaiknya dibuat terasering. Buat saluran-saluran pembuangan air.

JARAK TANAM
     Jarak tanam yang umum 8x12m atau 10x10m

TANAMAN PELINDUNG
     Skala luas ditempat terbuka mutlak diperlukan tanaman pelindung, misal lamtoro, turi, gamal, sengon atau pepaya. Tanaman pelindung ditanam setelah penyiapan lahan.

LUBANG TANAM
     Buat lubang tanam ukuran 50cm2 . Pisahkan tanah bagian atas dengan baagian bawah dan biarkan selama kurang lebih 2 minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang matang 20 kg + 5gr Natural GLIO + 10 kg Dolomit sape rata sebagai media tanam, kemudian masukan campuran tersebut kedalam lubang tanam dan biarkan 1 minggu sebelum bibit ditanam. 

PENANAMAN
     Penanaman yang ideal pada musim hujan. Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibit. Ambil bibit dan buka plastik pembungkus tanah secara hati-hati. Tanam bibit sebatas leher akar tanpa mengikuti batangnya. Siram air secukupnya setelah selesai tanam. Akan lebih baik ditambah pupuk organik SUPER NASA dosis 1 botol untuk kurang lebih 200 tanaman. 1 botol SUPER NASA diencerkan dalam 2 liter (2000 ml)air dijadikan larutan induk. Kkemudian setiap 1 liter air diberi 10 ml larutan induk lalu disiram setiap pohon atau siram SUPER NASA 1sendok makan per 10 liter air per pohon. 

PENGAIRAN 
     Pengairan dilakukan sejak awal pertumbuhan sampe tanaman berproduksi. Pada waktu berbunga, penyiraman dikurangi. penyiraman paling baik pagi hari. 

PEMANGKASAN 
     Pemangkasan terhadap tunas-tunas air, cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit, serta ranting-ranting yangtidak terkena sinar matahari. ketika tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5m , pucuk tanaman dipangkas. 


PEMUPUKAN 
     Dosis dan jenis pupuk tergantung pada jenis dan kesuburan tanah atau sesuai rekomendasi setempat,

Umur
(tahun)
Pukan
(kg/ph)
NPK
(kg/ph)
Frekuensi
Per-tahun
1-3
4-6
7-10
30-50
75-150
200-300
0,5-1,0
1,5-2,5
3,0-5,0
3-4
2-3
1-2

Pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke-3 dengan pupuk NPK yang kadar N tinggi.
Waktu pemupukan kandang sekali setahun pada akhir musim hujan atau musim kemarau. Sedangkan pupuk marko sesusi dengan umur tanaman. Ca ranya dengan menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tanjuk tanaman.
 
Siramkan pupuk organik SUPERNASA (0-3 thn) dan POWER NUTRITION (diatas 3 thn) dengan cara diatas. Semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki tiap 1-2 bulan selama masih dijangkau alat semprot.

PEMBUAHAN DILUAR MUSIM 
   Caranya mengatur pembuangan disetiap pohon durian per blok, yaitu jika menginginkan panen durian bukan Agustus-November, maka sekitar bulan maret tanaman pada blok diberi pupuk 1,5-2 kg NPK + 1 sendok makan POWER NUTRITION per 10 liter air per pohon dan akan lebih bagua ditambah penyemprotan 3-4 tutup POC NASA +1 tutup HORMONIK per tangki setiap 7-10 hari sekali sebanyak 3-4 kali. selain itu kira-kira 3 bulan sebelumnya tanah areal penanaman harus dikeringkan. jika waktu pengeringan turun hijan, tanah disekeliling tanaman dalam radius 5-7 meter diberi mulsa dan dibuatkan saluran pembuangan air. Setelah bunga mekar, tanaman diberi pupuk NPK dosis 0,5-1kg per tanaman. setelah berbentuk buah, usahakan tanaman tidak mengeluarkan tunas daun karena dapat menyebabkan terjadinya perebutan unsur hara antara buah dan daun, sehingga perlu disiram POWER NUTRITION lagi (1 botol untuk 30-50 pohon).
   
PENYERBUKAN 
\   Tidak semua bunga menjadi buah karena bunga durian mekar dari sore sampai malam hari sehingga tidak banyak serangga penyerbuk. selain itu juga tidak semua bunga durian muncul secara bersamaan, padahal penyerbukan berhasil jika serbuk sari dan kelapa putik harus matang secara bersamaan. Oleh karena itu perlu dilakukan penyerbukan buatan, caranya sapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari. untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas, sebaiknya dalam satu areal penanaman tidak hanya satu jenis varietas tertentu, tetapi dicampur dengan varietas yang lain.

PERAWATAN BUAH
   Penyeleksian setelah berdiameter 5 cm. Sisakan dua buah terbaik, jarak ideal buah satu kebuah lain sekitar 30 cm. Tanaman durian yang pertama kali berbuah sebaiknya dipelihara satu atau dua butir buah. Untuk mencegah kerontokan buah setelah buah berumur 10 hari sejak berbentuk, lebih bagus jika di berikan pupuk marko NPK (0,5-1 kg/pohon) ditambah POWER NUTRION (1 botol untuk 30-50 pohon)

PENGENDALIAN HAMA PENYAKIT 
  1. Penggerak batang (Batocera sp. ,Xyleutes sp.) ==>Menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting. Gejala serangan tanaman layu, daun kering dan rontok akhirnya mati. Pengendalian; sanitas kebun, potong dan musnakan, batang, ,dahan,atau ranting yang parah terserang, tutup bekas lubang gerakan dengan kapas yang sudah diberi PESTONA + POC NASA atau disemprotkan 
  2. Penggerak Buah (Tirathaha sp.,Dacusdorsalis) ==> Gejala buah menjadi busuk berulat dan akhirnya rontok. semprotkan sejak awal dengan PESTONA atau PENTANA+AERO 810 sejak buah berumur 1 minggu
  3. Kutu Putih (speudococus sp.) ==>Hama ini menyerang dengan mengisap cairan dan bisa sebagai pembawa penyakit embun jelaga dan penyebaran dibantu semut. Gejala serangan daun keriting dan merana, sehingga bunga dan buah bisa rontok. Semprotkan PESTONA atau PENTANA +AERO 810 secara bergantian.
  4. Ulat Daun (papilia sp,.Setora sp,.Lymatria sp.) ==> Ketiga ulat menyerang dengan cara memekan daun sehingga berlubang dan rusak, Semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810  secara bergantian. 
  5. Penyakit Kanker Batang (Phytophthora palmivora) ==> Gejala serangan adanya luka yang mengeluarkan lendir warna merah pada kulit batang bagian bawah dekattanah.Setelah batang busuk, pucuk -pucuk tanaman akan mengering, daun layu, dan rontok, dan akhirnya mati. Pengendalian dengan sanitasi kebun, memperlebar jarak tanam, menekan gulma, pemangkasan , sejak awal sebelum tanam sebarkan Natural GLIO  atau oleskan pada batang yang luka kemudian tutup dengan parafin, kerok batang berserang sampe warna coklat tidak kelihatan kemudian semprot PESTONA + POC NASA.
  6. Penyakit Busuk Akar(jamur fusarium sp.) ==> Jika dibelah pada bagian korteks akan tampak warna coklat dan bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat.Tanaman yang terserang dimusnakan dan dibakar serta bekas lubang  tanam ditaburi kapur + Natural GLIO, perbaiki sistem drainase serta sejak awal pakai Natural GLIO sebagai pencegahan
  7. Penyakit Bercak Daun (Jamur colletotrichum sp.). ==> Gejala adanya bercak bercak besar kering pada daun tanaman yang akhirnya berlubang. potong daun terserang, semprotkan Natural GLIO +POC NASA sebagai pencegahan gunakan fungisida berbahan aktif tembaga.
  8. Penyakit Jamur Upas (Pink disease) ==> Gejala munculnya cairan kuning pada bagian batang terserang dan diselimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat dengan bentuk  seperti laba-laba sehingga menyebabkan kematian pada batang.Potong bagian terserang, kurangi kelembapan , oleskan Natural GLIO + POC NASA pada bagian terserang atau fungisida berbahan aktif tembaga.
  9. Penyakit Akar Putih (Jamur Rigodoporuslignosus) ==> Daun kuning kemudian coklat sebelum akhirnya mengerut dan gugur. Buang semua tanaman inang dari areal kebun ,gunakan Natural GLIO sebagai pencegahan .
  10. Penyakit Busuk Buah( Jamur Phytophthora sp) ==> Gejala adanya bercak -bercak basah berwarna coklat kehitaman pada kulit buah, kemudian busuk dan bagian terserang berbentuk miselium dan sporangia berwarna putih. Gunakan Natural GLIO sebelum tanam sebagai tindakan Pencegahan, sanitasi kebun.
Catatan: Jika pengendalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi sebagai alternatif terakhir bisa digunakan pestisida kimia yang dianjurkan. Agar penyemprotan lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan perekat perata pembasah AERO 810 dosis 0,5 tutup botol pertangki.                                                                         
PEMANENAN DURIAN

         Waktu panen berbeda tergantung jenis varietas. Jenis montong sekitar 125-135 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Waktu petik berdasar tanda-tanda fisik, misalnya ujung duri coklat tua, garis-garis diantara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokan, ruas- ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul. Cara panen dengan pisau atau galah berpisau. Bagian yang dipotong adalah tangkai buah dekat pangkal batang dan usahakan buah durian jangan sampe terjatuh karena mengurangi kualitas buah.  


Demikianlah Cara Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah dengan Teknologi Organik NASA, dengan Pupuk Nasa, tanah semakin gembur dan subur, pohon durian tumbuh dengan subur, kualitas dan kuantitas buah pun dapat di tingkatkan secara maksimal.

Dapatkan Pupuk NASA Untuk Durian hanya melalui DISTRIBUTOR NASA atau STOCKIST NASA dengan menhgubungi 0857-5692-2292 atau 085-225-959595

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Budidaya Durian Agar Cepat Berbuah
Ditulis oleh HARTINI NASA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://griya-nasa.blogspot.com/2017/09/cara-budidaya-durian-agar-cepat-berbuah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Jual Pupuk Nasa | Copyright of GRIYA NASA.

DISTRIBUTOR NASA MAGELANG

Nama: Mei Rohayati
Alamat: Dsn. Semalen RT.003 RW.002
Desa Ngadirojo, Kec. Secang
Magelang (Jl. Alternatif Temanggung)
HP: 0858-7854-7715
BBM: D15B018A

DISTRIBUTOR NASA SEMARANG

Nama: Ari Kristianto
Alamat: Genuk Krajan No.19 Rt.07 Rw.04
Kel. Tegalsari, Kec. Candisari
Semarang
HP: 085-225-959595