Cara Budidaya Bandeng Agar Cepat Besar

Posted by HARTINI NASA Friday 29 September 2017 0 comments
CARA CEPAT BUDIDAYA BANDENG  DENGAN PRODUK ORGANIK NASA

Teknis Budidaya Bandeng tidak jauh berbeda dengan teknis budidaya ikan pada umumnya, Bandeng termasuk golongan ikan herbivora, yitu bangsa ikan yang mengkonsumsi tumbuhan. Mampu mencapai berat rata-rata 0,6 kg pada usia 5-6 bulan dengan pemeliharaan yang intensif.


Teknis pembesaran bandeng meliputi beberapa hal, yaitu :

Persiapan Lahan
Persiapan lahan merupakan hal yang sangat penting karena bisa menentukan keberhasilan  budidaya, kegiatan yang dilakukan selama persiapan lahan adalah :

# Pencangkulan dan PembalikanTanah
Bertujuan untuk membebaskan senyawa dan gas beracun sisa budidaya hasil dekomposisi bahan orgfanik baik dari pakan maupun dari kotoran. Selain itu dengan menjadi gemburnya tanah, aerasi akan berjalan dengan baik sehingga kesuburan lahan akan meningkat
.
#Pengapuran
Selama budidaya, ikan memerlukan kondisi keasaman yang stabil yaitu pH 7-8. Untuk mengembalikan keasaman tnah pada kondisi tersebut, dilakukan pengapuran karena penimbunan dan pembusukan bahan organik selama budidaya sebelumnya menurunkan pH tanah. Pengapuran juga menyebabkan bakteri dan jamur pembawa penyakit mati karena sulit dapat hidup pada pH tersebut. Pengapuran dengan kapur tohor, dolomit, tau zeloit dengan dosis 1ton /ha atau 10kg /m2.

#Pemupukan
Fungsi utama pemupukan adalah memberikan unsur hara yang diperlukan bagi pertumbuhan pakan alami, memperbaiki struktur tanah dan menghambat peresapan air pada tanah- tanah yang tidak kedap air(porous). Pemupukan bisa menggunakan pupuk Urea dan TSP untuk menumbuhkan pakan alaminya. Selain itu penggunaan TON untuk pemupukan tanah dasar kolam sangat tepat, karena TON mengandung unsur-unsur mineral penting, dan asam-asam organik utama memberikan bahan-bahan yang diperlukan untuk peningkatan kesuburan lahan dan pertumbuhan planton. Fungsi yang penting lagi adalah TON (Tambak Organik Nusantara ) mampu menghilangkan bahan kimia dari pupuk kimia yang menyebabkan tanah dasar tambak menjadi keras. Dosis pemupukan TON adalah pada tahap pengolahan ini adalah 10 botol/ha atau 25 gr/100m2.

#Pengelolaan Air
Setelah dilakukan pemupukan dengan TON, air dimasukan hingga setinggi 10-20cm kemudian dibiarkan beberapa hari, untuk menumbuhkan bibit-bibit plankton. Setelah itu air dimasuka hingga setinggi 80cm atau menyesuakan dengan kedalaman kolam.

Pemindahan Nener
Setelah plankton tumbuh (warna air hijau) dan kecerahan sedalam 30-40 cm, nener dimasukan ke kolam pembesaran dengan hati-hati dengan adaptasi terhadap lingkungan yang baru.
Caranya adalah sebagai berikut :

  • Masukan kantong plastik ketambak.
  • Buka penutupnya, gulung hingga setengah panjang plastiknya.
  • Masukan air tambak kedalam kantong plastik dengan tangan.
  • Setelah suhu air diplastik sama dengan suhu air ditambak, maka nener bisa ditumpahkan secara pelan-pelan ketambak.

Pemberian Pakan
Sesuai dengan sifat bandeng yang termasuk hewan herbivora, maka ikan ini suka memakan tubuh-tumbuhan yang ada di kolam. Tumbuhan yang disukai bandeng adalah lumut, ganggang dan klekap. Untuk mempercepat pertumbuhan, perlu pakan buatan pabrik, dengan standar nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh optimal dengan kadar protein minimal 25-28 %. Sebagai hewan herbivora, unsur tumbuhan dalam pakan memang sangat penting,. Oleh karena itu, sebaiknya bahan baku unsur protein harus didominasi dari sumber tumbuhan atau nabati dari tepung kedelai atau bungkil kacang tanah. Sebagai acuan pemberian pakan adalah : Jumlah pakan 5-7%  dari berat badan. Waktu pemberian 3-5 kali sehari.

Penambahan VITERNA PLUS dan POC NASA pada pakan buatan adalah pemilihan yang tepat untuk meningkatka pertumbuhan dan ketahanan tubuh bandeng. VITERNA Plus dan POC NASA mengandung mineral-mineral penting, protein, lemak dan vitamin akan menambah kandungan nutrisi pakan.

Cara pemakaian VITERNA Plus dan POC NASA adalah, kedua produk dioplos menjadi satu, kemudian diberikan ke ikan dengan cara dicampur pakan dengan dosis 1 tutup botol oplosan per 3kg pakan. Untuk meratakan pencampuran, sebaiknya 1 tutup botol oplosan produk tersebut ditambah dengan setengah liter air. Pemberian pakan dengan menyebarkan secara merata pada seluruh areal kolam, agar seluruh bandeng dapat pakan.

Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Bandeng
Penyakit penting yang sering menyerang bandeng adalah :

  • Pembusukan sirip debabkan oleh bakteri. Gejalanya : Sirip membusuk dari bagian tepi.
  • Vibriosis. Disebabkan oleh bakteri Vibriosis SP . Gejalanya : Mafsu makan turun, pembusukan sirip, dan bagian perut bengkak oleh cairan.
  • Penyakit oleh Protozoa Gejalanya nafsu makan hilang, mata buta, sisik terkelupas, insang rusak, banyak berlendir.
  • Penyakit dari bakteri, parasit, dan jamur disebabkan lingkungan yang buruk, dan penurunan daya tahan tubuh ikan. penurunan kualitas lingkungan disebabkan oleh tingginya timbunan bahan organik dan pencemaran lingkungan dari aliran sungai. bahan organik dan kotoran akan membusuk dan menghasilkan gas-gas yang berbahaya. Ketahanan tubuh ikan ditentukan konsumsi nutrisinya. Maka cara pengendalian penyakit harus menitik beratkan pada kedua faktor tersebut.

Untuk menjaga kualitas lingkungan dapat dilakukan perlakuan TON dengan dosis 1kg/ha (2 sendok makan /100m2) tiap 20 hari sekali. Selain itu juga dengan pemberian PROBIOTIK TANGGUH dengan dosis 1 botol/ha yang mengandung berbagai bakteri pengurai yang penting, sehingga kualitas air dapat terjaga selama budi daya. Kombinasi kedua produk tersebut akan menghasilkan pertumbuhan pakan alami yang baik dan kualitas air terjaga selama bididaya.

Dengan kualitas air tambak yangb selalu baik, didukung kecukupan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan penggemukan akan meningkatkan peluang keberhasilan budidaya dalam bentuk angka kematian rendah dan penggemukan serta pertumbuhan bandeng yang cepat.

Produk Organik NASA Untuk Teknisi Budidaya Bandeng


POC NASA
POC NASA mempunyai kandungan berbagai mineral penting yang diperlukan ikan. Bisa digunakan untuk semua jenis ikan baik ikan air tawar ataupun ikan payau ( udang, bandeng, kerapu Dll)  diperkaya dengan asam amino yang sebagai bahan baku utama pembentuk jaringan daging ikan/bandeng

HORMONIK
Hormonik mengandung berbagai mineral penting yang diperlukan oleh ikan /udang  untuk pertumbuhan dan penggemukannya. Pemakaian bersama dengan POC NASA dan VITERNA akan meningkatkan kandungan nutrisi dipakan serta meningkatkan efektifitas pencernaan sehingga meningkatkan jumlah nutrisi /gizi dipakan yang dapat diserap oleh ikan. Sehingga ikan akan tumbuh lebih cepat dan pada saat pertumbuhan sudah maksimal, maka pembentukan daging akan lebih efektif.

VITERNA Plus
VITERNA mempunyai kandungan berbagai mineral penting yang diperlukan ikan atau udang. Mineral-mineral tersebut dalam bentuk ionik yang sudah diserap oleh usus halus ikan VITERNA bisa digunakan untuk semua jenis ikan baik ikan air tawar maupun air payau (udang ,bandeng ,kerapu Dll)
Selain mineral VITERNA juga diperkaya asa amino yang sebagai bahan baku utama pembentukan jaringan daging ikan atau udang.

TON (Tambak Organik Nusantara )
Formula alami (Organik) khusus tambak untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi serta menjaga atau memperbaiki kelestarian lingkungan tambak dengan memberikan mineral-mineral yang dibutuhkan udang atau bandeng, mempercepat pertubuhan plankton sebagai pakan alami udang atau bandeng (kesuburan perairan) , serta meningkat logam-logam berat sekaligus membantu mengurangi senyawa komplek berbahaya, beracun bagi udang atau bandeng. Serta membantu merutinkan molting udang.

PROBIOTIK TANGGUH
Diformulasikan khusus untuk menyempurnakan proses fermentasi didalam saluran pencernaan ikan sehingga pencernaan lebih efektif untuk menghasilkan pertumbuhan maksimal. Terbuat dari bahan-bahan alami murni sehingga aman dan sehat serta meningkatkan gizi, cita rasa pakan. Pada aplikasi dilahan budidaya bakteri-bakteri yang ada di TANGGUH PROBIOTIK akan menyempurnakan proses penguraian bahan organik sehingga tidak terjadi akumulasi bahan yang beracun (amonia dan hidrogen sulfida) ditambak atau kolam budidaya. Sehingga kesuburan tambak atau kolam selalu terjaga selama proses budidaya.


Demikianlah Cara Budidaya Bandeng Agar Cepat Besar Dengan Menggunakan Produk NASA.
Semoga bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen peternak ikan bandeng di Indonesia pada umumnya. Untuk pemesanan Produk NASA Untuk Budidaya Ikan Bandeng, Anda bisa menghubungi kami. Kami merupakan Distributor NASA dengan kode anggota N-388431 atas nama SUHARTINI. Alhamdulillah kami juga merupakan Stockist Resmi NASA dengan kode Stockist H.1339.

Kami melayani pemesanan produk Nasa dalam jumlah besar maupun kecil dan melayani pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia dan Mancanegara. Kami juga menerima Pendaftaran Distributor Baru NASA bagi Anda yang berminat dalam pemasaran Produk Nasa terutama Produk NASA Untuk Bandeng ini.

Hubungi Kami :
Distributor Resmi NASA N-388431
Stockist NASA H.1339
SUHARTINI (Hartini NASA)
Telp/Sms/Wa : 0857-5692-2292
Pin BB : D60FDB25
Email : hartininasa2512@gmail.com
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Budidaya Bandeng Agar Cepat Besar
Ditulis oleh HARTINI NASA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://griya-nasa.blogspot.com/2017/09/cara-budidaya-bandeng-agar-cepat-besar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Jual Pupuk Nasa | Copyright of GRIYA NASA.

DISTRIBUTOR NASA MAGELANG

Nama: Mei Rohayati
Alamat: Dsn. Semalen RT.003 RW.002
Desa Ngadirojo, Kec. Secang
Magelang (Jl. Alternatif Temanggung)
HP: 0858-7854-7715
BBM: D15B018A

DISTRIBUTOR NASA SEMARANG

Nama: Ari Kristianto
Alamat: Genuk Krajan No.19 Rt.07 Rw.04
Kel. Tegalsari, Kec. Candisari
Semarang
HP: 085-225-959595