Asam Urat Dan Cara Mengobatinya

Posted by HARTINI NASA Sunday 15 January 2017 0 comments
Semangat pagi...
Pada kesempatan yang luar biasa ini, kita sama-sama membahas apa itu ASAM URAT, gejalanya, dan juga bagaimana mencegahnya serta mengobatinya...
Penyakit asam urat bisa menyerang kapan saja, terutama laki-laki yang kurang memperhatikan kesehatan dan pola makannya.



ASAM URAT adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Zat asam urat ini biasanya akan dikeluarkan oleh ginjal melalui urin dalam kondisi tertentu, ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam secara seimbang sehingga terjadi kelebihan dalam darah. Kelebihan zat asam urat ini akhirnya menumpuk dan tertimbun pada persendian dan tempat lainnya termasuk di ginjal itu sendiri dalam bentuk kristal-kristal. Penumpukan kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhirnya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak / meradang. Adapun penumpukan kristal-kristal asam urat pada ginjal akan menyebabkan terjadinya batu ginjal.

CIRI-CIRI ASAM URAT :

  • Nyeri pada sendi yang bertulang
  • Persendian sakit untuk bergerak
  • Terasa ngilu, linu, nyeri dan kesemutan di sendi
  • Sendi yang nyeri membengkak dan kemerahan
  • Nyeri muncul terutama pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  • Terjadi pembengkakan di salah satu organ tubuh yang terasa sakit
  • Pembengkakan pada sendi, kemerahan, rasa panas dan nyeri yang luar biasa.
  • Umumnya bagian sendi tubuh yang diserang asam urat adalah lutut, siku, kaki, tangan, pergelangan kaki atau tangan dan punggung
5 FAKTOR PENYEBAB ASAM URAT
a. Usia
==> Gout lebih banyak ditemukan pada orang berusia 45 tahun ke atas, meski tak sedikit juga orang yang baru menginjak usia 30 tahun sudah menderita asam urat.
"Semakin tua seseorang, resiko mmenderita asam urat akan semakin besar", kata Theodore Fields, MD, profesor dan ahli sendi. Pasalnya usia yang menua berarti fungsi ginjal berkurang. Hal ini berakibat pada kadar asam urat yang bertambah. Obat-obatan yang dipakai seiring bertambahnya usia juga dapat meningkatkan resiko terkena asam urat.

b. Kondisi Kesehatan
==> Orang yang mengidap penyakit lain cenderung terkena asam urat, misalnya kegemukan atau diabetes. Penderita obesitas punya resiko empat kali lebih besar menderita asam urat dibanding yang berberat badan normal. Resistensi insulin dan diabetes juga memicu terbentuknya asam urat karena kondisi tersebut mengganggu fungsi ginjal. Penderita tumor ganas pun juga mempunyai kadar asam urat yang tinggi.

c. Jenis Kelamin
==> Penderita penyakit asam urat ini kebanyakan memang laki-laki. Ketika gout menyerang di usia muda, penyakit ini bisa berkelanjutan hingga seumur hidup. Laki-laki memang memiliki asam urat yang lebih tinggi dibanding wanita, kata Dr Fields. Hormon estrogen pada wanita cenderung melindunginya dari asam urat sejak anak-anak. Namun setelah menopause, resiko terkena asam urat menjadi sama dengan kaum pria. Ini adalah faktor penyebab asam urat yang penting.

d. Obat-obatan
==> Beberapa jenis obat-obatan juga dapat meningkatkan resiko terserang gout atau asam urat. Misalnya obat diuretik, aspirin, atau obat untuk keperluan transplantasi. Memang beberapa jenis obat tersebut penting dan tidak bisa dihentikan. Solusinya adalah mengonsumsi obat tambahan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Konsultasikan hal ini kepada dokter.

e. Konsumsi Alkohol
==> Minum alkohol juga bisa membuat Anda merasakan sengatan nyeri asam urat. Walau wine tidak membuat asam urat, tapi tidak demikian dengan bir. Jika Anda sudah terdiagnosis memiliki kadar asam urat yang tinggi, mulailah menghentikan kebiasaan minum alkohol tersebut.

PROSES TERBENTUKNYA ASAM URAT
  1. Konsumsi zat yang mengandung purin secara berlebihan. Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
  2. Kadar asam urat dalam tubuh meningkat, sehingga ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat.
  3. Kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian, akibatnya sendi akan terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.
  4. Konsumsi alkohol juga dapat meningkatkan resiko terkena asam urat. Alkohol menyebabkan pembuangan asam urat lewat urin berkurang, sehingga asam urat tetap bertahan dalam peredaran darah dan menumpuk di persendian.
  5. Sebagai akibat asam urat, ginjal juga akan mengalami gangguan. Pada kasus yang parah, penderita sampai tidak bisa jalan karena persendian terasa sangat sakit jika bergerak. Tulang di sekitar sendi juga bisa keropos / mengalami pengapuran tulang.
8 TIPS MENGHINDARI SERANGAN PENYAKIT ASAM URAT
  • Hindari makan yang banyak mengandung purin, seperti kacang-kacangan, daging, telur, kaldu, cumi, kepiting, jeroan hewan, tauge, udang, kerang.
  • Kurangi mengkonsumsi sayur yang berwarna hijau, seperti : kangkung, bayam, daun singkong, kembang kol, asparagus dan buncis.
  • Kurangi konsumsi buah-buahan, seperti : durian, alpukat dan nanas.
  • Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol.
  • Konsumsi makanan rendah kalori seperti : apel, semangka.
  • Banyak minum air putih
  • Olahraga
  • Istirahat yang cukup.

HERBATHUS NASA SOLUSI ASAM URAT, NYERI SENDI & BATU GINJAL

Herbathus merupakan Produk Kesehatan Herbal PT. Natural Nusantara yang diformulasikan murni dari bahan alami dengan manfaat utama sebagai penurun asam urat yang lebih, nyeri dan bengkak karena asam urat, untuk penderita batu ginjal dan manfaat tambahan lainnya.

Manfaat Utama HERBATHUS NASA Membantu :
1. Menurunkan kadar asam urat yang berlebih
2. Mengatasi bengkak dan nyeri akibat penyakit asam urat

Manfaat Tambahan HERBATHUS Membantu :
  1. Mengatasi gangguan saluran kencing karena batu ginjal
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh / imunitas
  3. Memperlambat kepikunan
  4. Sebagai anti-kanker dan tumor yang efektif
  5. Sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan
  6. Menurunkan gejala stress dan depresi
Dosis & Aturan Minum Herbathus Nasa :
==> 3 kali 2 kapsul per-hari, sebelum makan 


Dapatkan HERBATHUS NASA Obat Asam Urat Herbal hanya di GRIYA NASA...
Dapatkan harga khusus dengan Bergabung Menjadi Distributor Resmi NASA...
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Asam Urat Dan Cara Mengobatinya
Ditulis oleh HARTINI NASA
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://griya-nasa.blogspot.com/2017/01/asam-urat-dan-cara-mengobatinya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Jual Pupuk Nasa | Copyright of GRIYA NASA.

DISTRIBUTOR NASA MAGELANG

Nama: Mei Rohayati
Alamat: Dsn. Semalen RT.003 RW.002
Desa Ngadirojo, Kec. Secang
Magelang (Jl. Alternatif Temanggung)
HP: 0858-7854-7715
BBM: D15B018A

DISTRIBUTOR NASA SEMARANG

Nama: Ari Kristianto
Alamat: Genuk Krajan No.19 Rt.07 Rw.04
Kel. Tegalsari, Kec. Candisari
Semarang
HP: 085-225-959595